Kamis, 19 April 2012

Membuat Aplikasi GUI-Database Menggunakan Java (Netbean 6.9.1)

Sekarang gw bakal tulisin cara untuk membuat aplikasi GUI. Tutorial ini bisa diliat di situs netbean.org, dengan semua credit buat pembuat tutorialnya. 
Jadi, dengan database kemarin, yaitu yang ini:


Dapat di-generate langsung sebuah aplikasi GUI. Cara ini sebenernya gak terlalu disarankan, coz dikhawatirkan konsep Objek Oriented bakal gak dipahamin banget, apalagi kalo sampe perlu dibuat sequence diagram ma class diagramnya. Bakalan jadi kacau. Coz, ini sifatnya beneran code generate dan aplikatif banget. Apalagi pas di-generate, yang ke-generate itu modul view sekaligus insert ke basis data. Agak gak guna buat bikin tugas kuliah object oriented dari segi teknik ataupun programming, kecuali pas bikin tugas besarnya dengan kondisi dosennya agak malas2an gak mau periksa coding-an mahasiswanya :-D
Oke, cukup semua prakata dari gw, jadi hal pertama yang perlu kita lakukan seperti biasanya, bikin project baru di netbean. Buat sekarang, kita bikin default-nya netbean ajah. Jadi, pergi ke “File --> New Project”, pilih “Java Desktop Application” dan next ajah terus. Setelah Next, pilih “Database Application”



Dan muncul window pop-up lain, masukkan Database Connection dengan database yang MySQL, terus database-nya yang sebelumnya udah kita bikin, yaitu “studentrecord”.


Lihat? Ada 2 bagian kolom di sana. Kolom yang sebelah kanan, itu kolom yang nantinya bisa kita tampilin di aplikasi desktop untuk kepentingan view data (ntar ditampilin dalam bentuk tabel di aplikasinya), kalo yang di sebelah kiri (defaultnya kosong), itu merupakan kolom yang tersedia di basis datanya. Kalo yang di kiri udah gak ada lagi apa2, artinya semua tabel di basis data udah kita tampilin. Sekarang, kita tampilin semuanya (biarin kayak defaultnya, dan langsung tekan Next). Ntar bakal keluar pop-up lagi kira-kira gini:


Sama ajah kayak yang pertama, Cuma yang sekarang data yang digunakan untuk kepentingan insert ke basis datanya. Kalo udah tekan finish, ntar bakal ada suatu GUI kira-kira gini:


Untuk yang gw kasi boundary merah, artinya itu kolom2 yang lo pilih pas waktu pemilihan pertama (lihat lagi ke atas), sedangkan yang bagian ijo, itu kolom-kolom yang lo pilih pada pemilihan kedua.
Nah, setelah itu, yang perlu lo lakukan tinggal jalanin ajah, bisa tekan segitiga arah samping warna ijo, atau tekan Shift+F6. Dengan data yang lo masukin sebelumnya, kira-kira bakal muncul gini:


Gimana?? Gampang kan?! Iya! Pastinya makin gampang. Sekarang tinggal lo eksplor deh penggunaan kelas hasil generate dan lain-lainnya untuk kepentingan presentasi aplikasi pembuatan tugas.

Oke.. segitu ajah, mas Bro. Kalo ada yang mau ditanyain, dan gw kebetulan bisa gw jawab, gw jawab deh :-D

0 komentar:

Posting Komentar